11.26

Penyebab Putus karena Kehilangan Kepercayaan

Pacar Anda mengatakan bahwa alasan yang digunakan untuk memutuskan cintanya karena ketidakcocokan dan kehilangan perasaan, apa yang sebenarnya telah terjadi? Sementara usia pacaran masih cukup muda, 8 bulan belumlah cukup untuk saling mengenal karakter pribadi masing-masing.

Keputusan yang diambil oleh pacar Anda menunjukkan bahwa ia kehilangan gairah cintanya. Alasan yang digunakan karena mendengarkan bisikan orang bahwa Anda berjalan dengan wanita lain merupakan alasan yang tidak tepat dan sembrono. Memutuskan cinta membutuhkan alasan yang kuat dan benar, tentunya ia membutuhkan bukti-bukti kuat untuk memutuskan cintanya. Apalagi bila hanya mendengarkan dari orang lain, kenapa ia tidak berpikir bisa saja Anda sedang berjalan dengan saudara sepupu Anda? Secepat itukah alasan yang digunakannya? Ataukah hanya emosional sesaat? Apa yang Anda tangkap?

Kehilangan gairah cinta bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah;

1. Tidak ada kenyamanan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya konflik yang terjadi. Setiap pasangan saling memendam ketegangan-ketegangan emosional yang lama tersimpan.

2. Tidak adanya komitmen yang terbentuk. Komitmen bukan hanya terbentuk dengan saling berbicara diantara kedua pasangan, tetapi dapat juga terbentuk dengan saling mengerti dan mengetahui kebutuhan-kebutuhan setiap pasangan.

3. Kurang peka. Hal ini adalah hal yang tersulit dilakukan oleh pria. Kebanyakan wanita mengeluh pasangannya yang kurang peka. Kebanyakan wanita berharap pasangannya dapat mengerti dan menangkap isyarat yang dipancarkan oleh wanita tanpa harus berbicara, padahal pria lebih menyukai bila wanita berbicara secara terus terang.

4. Setiap pasangan merasa telah melakukan hal yang terbaik. Cinta membutuhkan pemenuhan kebutuhan yang seimbang diantara kedua pihak. Pasangan yang kehilangan gairah akan selalu mengatakan, "..aku telah berusaha melakukannya.."

5. Emosi pasangan yang belum matang. Beberapa orang memang tidak memiliki kesiapan yang dibutuhkan untuk membangun suatu hubungan karena mereka secara emosional terlalu tertutup. Mereka menghadapi masa-masa yang sulit membicarakan atau menunjukkan emosi-emosinya dan menolak untuk membuka hatinya dan mempercayai Anda.

6. Monoton. Cinta membutuhkan suatu pengorbanan, bukanlah sekedar mempertahankan hubungan yang tetap dengan satu pasangan saja. Gairah dan semangat haruslah selalu ada agar tidak terjadinya seleksi perasaan-perasaan tertentu saja.

Apa yang dapat Anda lakukan bila pasangan Anda bila telah memutuskan cintanya? ANDA HARUS MENERIMANYA, saya tahu betapa menyakitkan bagi Anda. Anda tidak perlu meminta ia untuk kembali kepada diri Anda. Ia telah memutuskan Anda. Ia telah mengambil keputusan untuk berpisah dengan Anda dengan alasan ketidakcocokan, maka Anda harus merelakan ia pergi. Bisa saja Anda mengumpulkan semua energi Anda untuk mendapatkan cinta Anda kembali, tetapi apakah Anda pernah tahu tentang perasaan-perasaan pasangan Anda sebelum dan sesudah menerima Anda kembali? Tetap samakah cinta Anda kepadanya atau sebaliknya?

Kecuali bila kondisi saat ini adalah pertengkaran-pertengkaran, maka saya sarankan untuk tetap still go on dengan perasaan cinta Anda, akan tetapi bila pasangan Anda sudah pernah mengatakan kata putus, berarti ia telah merasakan ketidakcocokan diantara Anda berdua sebelumnya. Anda bukanlah anak-anak lagi —ketika masih berusia 5 tahun yang membutuhkan perhatian dari orangtua, dan akan selalu berusaha mencari perhatian kembali ketika orangtua menyisihkan dalam beberapa waktu. Anda telah meninggalkan episode tersebut 20 tahun yang lalu.

Saat ini yan perlu Anda lakukan adalah melakukan "emotional programming", yakni bagaimana Anda bisa mengidentifikasi dan menyembuhkan pola-pola emosional yang tidak sehat yang disebabkan oleh pengalaman-pengalaman masa lalu yang dapat mempengaruhi perilaku Anda di masa mendatang. Setiap pengalaman yang Anda temui membantu Anda mengambil keputusan-keputusan tertentu, sampai Anda memiliki koleksi keputusan-keputusan yang Anda buat; bagaimana Anda menilai kehidupan ini. Koleksi keputusan-keputusan dan keyakinan-keyakinan inilah yang disebut sebagai pemrograman emosional Anda. Pemrograman ini tidak akan terbentuk bila Anda bersikap santai, Anda haruslah membina diri Anda menjadi lebih baik lagi hingga mencapai tahap maturity (Kematangan secara emosional).

Mulailah dengan cinta Anda yang baru, teruslah membina diri Anda, suatu saat saya yakin Anda akan menemukan orang yang dapat mencintai dan cocok dengan Anda. Tetap bersemangat!

0 Comment:

Posting Komentar