02.31

Tips Mengatasi Amarah Dalam Berpacaran

 
Dalam sebuah hubungan, pertengkaran memang tidak bisa dihindari. Jika tidak hati-hati, masalah kecil akan menjadi besar. Untuk menghindari hal yang tidak di inginkan, jangan lewatkan beberapa hal yang harus anda lakukan supaya suasana dingin kembali.
Dibawah ini adalah tips mengatasinya:
Tenang 
Ambil jeda waktu beberapa menit ketika muncul perasaan ingin 'meledak'. Kamu bisa pergi keruangan lain dan melepaskan 'ledakan' itu disana. Apabila perlu, ambil waktu lebih panjang. Setelah tenang, temui kembali pasangan anda dan selesaikan masalah dengan kepala dingin.
Hindari kata 'selalu' dan 'tidak pernah' 
"Kamu selalu begitu" atau "Kamu tidak pernah mengerti perasaanku". Ucapan ini sering terlontar ketika kita marah pada pasangan. Padahal penggunaan kata-kata ini akan memperuncing pertengkaran. Hindari ucapan tersebut. Coba katakan kesalahan pasangan dengan lebih spesifik dan jelas tanpa memperluas pokok permasalahan.
Stop mengeluarkan kata-kata mengancam Apapun masalahnya, 
pertengkaran bukanlah akhir sebuah hubungan. Jadi, jangan mengeluarkan ultimatum atau mendeklarasikan bahwa hubungan kalian telah berakhir. Fokuskan perhatian pada inti masalah. Jangan biarkan dirimu terbawa suasana.
Jangan katakan "Aku benci kamu" 
Apapun yang kamu rasakan saat bertengkar, jangan pernah sekali pun mengeluarkan ungkapan benci, apalagi jika sebenarnya kamu tidak bermaksud seperti perkataanmu (becanda). Ungkapan seperti, "Aku tidak suka kalau kamu seperti itu", akan lebih enak di dengar dibandingkan "Aku benci kamu".
Toleran 
Taktik bagus untuk menenangkan dan mendinginkan suasana adalah dengan berkata lembut dan halus pada pasangan yang sedang 'panas' hati.Bersikaplah lebih toleran, sabar, dan tempatkan diri kamu di posisinya. Jika kamu tidak pernah melakukan hal ini pada pasangan, jangan harap ia akan melakukan hal yang sama pada anda.
Jangan akhiri pertengkaran dengan pertengkaran 
Maksudnya, jangan mengomentari pertengkaran yang telah berlalu secara berlebihan. Tidak penting siapa yang mulai menyela atau berteriak, jika kamu dan pasangan telah setuju dan berdamai, hentikan tindakan atau ucapan yang dapat menyulut pertengkaran baru.
"Maaf" 
Kata ini memang memiliki kekuatan magis yang besar dan bekerja sangat baik dalam menyelesaikan pertengkaran. Mintalah maaf kepada pacarmu kalau kamu pernah berlaku tidak baik selama pertengkaran, meskipun kamu merasa tidak bersalah dalam pertengkaran tersebut. Mintalah maaf dengan penuh ketulusan, jangan dengan kepura-puraan.

Jika ketujuh hal ini kamu terapkan dalam hubungan, percayalah ketika masalah datang, kamu tidak lagi bingung cara menyelesaikan masalah. Biasakanlah mengecilkan masalah- masalah besar dalam hubungan pacaranmu dan menghilangkan masalah-masalah kecil. Akhirnya, hari-harimu bersama pasanganmu akan kamu lalui.

0 Comment:

Posting Komentar